Selasa, 21 Februari 2012

rikza: "I WAS A WAITRESS & AM A PRIVATE TEACHER"


hhehee halo, Teman! setelah sekian lama ga nulis, aku muncul lagi dengan cerita tentang pengalaman kerjaku. emang ga banyak sih ya, tapi lumayanlah buat dibagi. 
setelah berhenti dari kuliah, aku berinisiatif untuk mencari pekerjaan sesuai dengan studi yg pernah aku pelajari, pariwisata. bosan juga ya belajar terus di rumah dan melakukan hal2 yg terlalu normal. ada 2 jenis pekerjaan yang aku cari, pegawai travel agent atau waitress. Di Jember sendiri cukup banyak travel agent dan restoran. setelah puter2 jember cari tempat kerja yg sesuai, aku putuskan unt melamar di Pizza Hut dan Xing Trisno East-West Eating Place. dua2nya kan resto, jadi aku apply sbg waitress, yg aku tulis di surat lamaran.
pertama kali aku kirim suratnya ke Pizza Hut, begitu masuk dan nyerahin suratnya, aku lgs disuruh masuk unt ukur tinggi badan, dan tinggiku kurang beberapa cm dari batas minimal 160 cm. daaaan lgs ditolak mentah2! aish! sedih deh...
tapi gapapaaaa...masih ada kesempatan nglamar di Xing Trisno kan? nah minggu berikutnya aku datang dan nyerahin suratnya, dan bedanya di sini gak ada sesi pengukuran badan. aku setuju nih, gak perlu lahh ukur2 tinggi badan, asal kita menarik dan bisa kerja baik,  ga masalah toh. hhehhe
terus aku pulang, cemas nunggu panggilan kerja. Alhamdulillah ya setelah mananti tiga hari akhirnya aku dipanggil juga buat interview. waduh! karena ini pengalaman pertama  interview, lgs deh aku browsing macem2 tips menghadapi interview, aku ga mau dooong interview pertama gagal, harus disiapin sebaik2nya nih.
nah, hari interviewpun tiba, dan aku berangkat lebih awal 30 menit dari waktu yg udah ditentukan, krn buat aku, datang jauh lebih awal bisa bawa dampak positif, aku jadi punya waktu menenangkan diri biar gak nervous.
saat interview, rasa nervousku sedikit hilang, kenapa? krn aku diinterview langsung sama ownernya Xing Trisno, mereka suami istri, dan nyantai banget. ditengah tanya jawab interview, aku juga disuruh ngepraktekin gimana jadi waitress yg profesional, haduhhh model interview yg begini aku gak tau dan gak ada persiapan sama sekali, jadinya aku nyontek gaya mbak2 pizza hut yang super ramah itu, hhehe..apa yg aku praktekin sepertinya cukup berhasil dan mampu meyakinkan owner klo aku bisa. Alhamdulillah besoknya aku langsung dapet panggilan kerja. 
Oya, sekedar info, Xing Trisno East-West Eating place adalah resto baru, dan sepertinya terbesar di Jember. Resto ini menawarkan berbagai macam menu makanan Indonesia dan Oriental, dan rencananya dalam beberapa waktu ke depan akan mulai menawarkan makanan Prancis dan Amerika. sebagian besar tamu yg datang adalah orang cina, sedikit sekali orang jawa atau melayu yg datang.
aku bekerja sebagai waitress, jam kerjaku 8 jam dengan libur 1 hari per minggunya. 
sepertinya aku belajar cukup cepat pd hari pertama bekerja. aku banyak bertanya ttg segala hal. dan cepat dekat dengan bos dan sesama pegawai. tp entah, mungkin itu menjadi sumber masalahku bekerja di Xing Trisno. beberapa seniorku, sebagian besar waitress, mulai membicarakan diriku di belakangku, entah apa yg pernah aku lakukan, mereka gak mau bilang. aku tanya, mereka bilang gak ada apa2. akupun curhat sama teman-sesama waitress-seperjuanganku, Fivin dan John-mereka diterima kerja di hari yg sama denganku-dan mereka menyimpulkan ini karena mereka iri padaku. aku bekerja cukup baik hanya dlm beberapa hari. mungkin itu yg menjadi sumber kebencian mereka. memang itu masalah mereka, bukan masalahku. tapi lama2 gak tahan juga terus2an dimusuhi. aku tanya kenapa, eeeh didiemin, mbok ya bilang gitu loh klo ada masalah sama aku, ga perlu diem seribu bahasa begitu.. haduuhhh... jaman begini masih adaaaa aja orang2 yg berpikiran sempit dan gak terbuka satu sama lain. 
krn perlakuan mereka semakin hari semakin menjadi-jadi (maaf ya,aku gak bisa cerita seperti apa perlakuan mereka ke aku, demi menjaga nama baik tempat aku kerja) aku jd ga betah juga, dan memutuskan untuk berhenti kerja. aku curhat sama bosku, dan mereka mengerti, tetapi memintaku untuk tetap bekerja. tapi karena tekad sudah bulat pengen berhenti kerja, akhirnya bosku mengijinkan aku pergi dengan tenang, Astagfirullah hal adziiim, kumat! hhehhee. aku dapet pesangon juga lho, lumayaaaan, hheehee..
nah, pekerjaanku sekarang lebih nyantai dan menyenangkan. aku jadi GURU LES PRIVAT BHS INGGRIS

memang muridku baru ada satu (IX SMP), tapi aku yakin jumlahnya akan segera bertambah.
naaaah guys dengan 2 pengalaman kerjaku ini, berarti aku udah merealisasikan  
20 THINGS TO DO BEFORE I DIE nomer 5 dan 16, doooong? :)
oke deeeh, segitu dulu yaaaa.. see yaa...

Hikmahnya: "pekerjaan yang kita idam2kan belum tentu baik dan menyenangkan buat kita, tapi justru pekerjaan yang tidak terlalu menarik minat kita bisa lebih baik dan menyenangkan buat kita"
setuju? leave a comment, please :)


4 komentar:

  1. jadi guru private juga enak.
    kalo misalkan 1 anak dapet 200 ribu per bulan.
    bayangkan kalau 1000 anak.
    200 juta di tangan cuy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rikza says: nah bener gam, tapi sejauh ini aku belum ada cita2 jd guru tetap, klo buat sampingan aja sih boleeeh, mau jd muridku? hehhee saingan ma ms Sandy

      Hapus
  2. Bukannya kamu di Turki ya ? apa lagi liburan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hei briliani! no no no no yg ini bukan postingannya rizki alias kiki, ini rikza, temannya. hhehhe. aku dikasi kepercayaan ma kiki buat nge-huni blog ini juga. salam kenaaal :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...