Jumat, 20 Juli 2012

harus produktif

alhamdulillah, akhirnya saya masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu dengan bulan yang suci dan penuh barakah serta pengampunan ini, bulan Ramadhan. senang sekali hati menyambut kedatangan bulan ini. meskipun masih saja dalam penyambutan bulan suci ini tanpa keluarga tercinta namun InsyaAllah di bulan yang suci ini saya bisa berkumpul dengan keluarga dan bersama-sama berburu kebaikan.

sekarang hari pertama saya puasa. puasa di negeri ini mungkin sedikit lebih lama daripada di indonesia. jika di indonesia biasanya saya sahur sekitar pukul 3 pagi dan buka di pukul setengah 6 namun disini saya harus sahur sekitar pukul 3 dan boleh menyantap buka di waktu maghrib yang jatuh pada pukul setengah 9. agak lama memang, namun insyaAllah semua ibadah yang kita lakukan diterima di sisi-Nya dan mendapatkan balasan yang berlipat-lipat. aamiin.

sedikit berbagi tentang kegiatan di hari pertama di bulan ramadhan ini. alhamdulillah hingga detik saya menulis saya tidak menemui hal-hal yang menyulitkan saya dalam menjalankan ibadah puasa. dan bersyukur lagi saat ini saya berada di asrama. karena bagi saya dengan tinggal di asrama insyaAllah saya jauh dari godaan-godaan di luar sana. apalagi saat ini saya berada di kota Istanbul, kota turis yang penuh dengan tempat bersejarah dan hiburan.  di asrama tadi saya sempat mati gaya karena kurangnya aktifitas. sehingga saya pagi-pagi sudah menjadi lemas.

saya sadar mengapa saya lemas seperti tadi setelah saya mulai menyibukkan diri dengan aktifitas. ternyata saya lemas karena saya tidak melakukan apa-apa. ya jelas dong ya, gimana gak mau lemas, wong anggota tubuhnya pasif gitu. ya sudah, saya langsung aktifkan diri dengan membaca buku, belajar bahasa turki dan menulis. alhamdulillah saya mendapatkan engergi saya kembali. mungkin teman-teman juga merasakan yang sama dengan saya, merasakan tubuh yang sangat lemah. mungkin itu bisa jadi karena kalian tidak melakukan kegiatan apa-apa. udah, cukup tidurnya sibukkan diri dengan beraktifitas. jangan sayang energi sama takut laper. justru dengan beraktifitas kita menjadi produktif dan akan tidak terasa bahwa waktu berlalu dengan cepat. banyak sekali kok aktifitas-aktifitas yang bisa kita lakukan. seperti membaca alquran, menyimak dakwah, mendengarkan muratal, belajar, membaca buku, bersih-bersih rumah dan lain-lain.

 okelah, setelah ini saya akan berusaha untuk lebih aktif lagi. apa yang bisa saya lakukan akan saya kerjakan. yang penting saya tidak hanya tidur-tidur saja dibulan ini. oh, dibulan ini saya harus lebih produktif lagi. harus lebih baek dari ramadhan yang tahun-tahun kemaren. sip

1 komentar:

  1. di bulan puasa harus lebih semangat daripada bulan2 sebelumnya, soalnya pahalanya berlipat..

    di Turki lama banget ya puasanya.. keep spirit aja.. :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...