Jumat, 20 Mei 2011

Pasti Ada Jalan

Oleh Rizki Dwi Wahyu Kurniawan

Setiap manusia di muka bumi ini pasti pernahmengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Kesulitan-kesulitan ini selalu datang seolah-olah tidak ada habisnya. Apalagi kesulitan-kesulitan ini banyak ragamnya. Tidak sedikit yang gerah dan mengeluh karena kesulitan yang mereka hadapi.

Mengeluh adalah senjata utama yang dikeluarkan oleh kebanyakan manusia ketika menghadapi sebuah kesulitan khususnya kaum hawa. Seorang ustadz di salah satu program TV swasta juga mengatakan bahwa wanita itu yang lebih mudah dan sering mengeluh daripada kaum hawa. Meskipun demikian, bukan berarti kaum Adam tidak pernah mengeluh, mereka juga pasti mengeluh. Mereka mengeluh seolah-olah Kesulitan yang mereka hadapi tidak bisa terselesaikan dan sangat memberatkan.

Untuk apa sih mengeluh? Ini adalah pertanyaan yang wajib kita tujukan pada diri kita sendiri. Ingat kawan,mengeluh bukanlah sebuah solusi. Mengeluh hanya menambah frustasi dan lelah pikiran pada diri kita sendiri. Bukannya Kelar namun menambah beban saja.

Semua Kesulitan atau cobaan yang Allah berikan harus kita hadapi dengan sabar dan baik. Allah memberikan semua ini guna menguji apakah kita benar-benar ciptaannya yang beriman atau tidak. Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha dan kesabaran kita dalam menjalani kesulitan yang Dia berikan. Pasti ada balasannya dibalik semua ini. Yaitu balasan yang sangat mulia dari Allah yaitu ampunan dan rahmat-Nya.

Yuk, simak firman Allah berikut ini :

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk” (QS Al-baqarah 2:155-156)

Bagaimana kawan? Masihkah kita pantas mengeluh? Atau masihkan kita belum yakin akan mampu menghadapi semua ini?

Kita harus optimi dalam kehidupan ini. Pasti ada jalan, pasti kita mampu. Mintalah petunjuk dari Allah SWT seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika beliau menghadapi suatu kesulitan. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut ini.

Dari Hudzifah r.a, ia berkata “Apabila Rasulullah SAW menemui suatu kesulitan, maka beliau segera mengerjakan shalat.” HR. Ahmad Abu Dawud

Shalat akan membawa ketenangan bagi hati kita dan pikiran kita. Jika pikiran tenang pasti kita mampu berpikir lebih jernih. Dengan pikiran jernih, kita juga akan mampu mencari solusi yang tepat untuk segala bentuk kesulitan.

Tiada kesulitan yang tidak mungkin bisa untuk dipecahkan karena bersama kesulitan ada kemudahan seperti yang terdapat dalam surah Al-Insyirah ayat lima dan dipertegas kembali dengan perkataan yang sama dalam ayat selanjutnya.

Tidak salah lagi, kita pasti bisa. Semua kesulitan pasti bisa kita hadapi apalagi Allah tidak membebani kita melebihi batas kemampuan kita. Jadi tidak mungkin overload, kawan.

Allah berfirman dalam surah Al-baqarah ayat 286, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya...”.

Keep spirit, kawan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...