Kamis, 19 Mei 2011

Siapakah Sahabat Sejati Kita Itu?

oleh : Rizki Dwi Wahyu Kurniawan

Sahabat, adalah orang yang lebih dari sekedar teman. Dia adalah orang yang spesial di hati kita. Tak sedikit orang di muka bumi ini yang memiliki sahabat sejati dan tak sedikit pula yang mendambakannya.

Namun sahabat sejati seperti apakah sejatinya?

Teman merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter seorang individu. Begitulah pernyataan yang saya pelajari dalam ilmu sosiologi ketika saya duduk di bangku SMA. Hal itu memang benar dan saya pribadi mengalaminya.
Saya dahulu adalah anak pendiam dan tidak terlalu memperhatikan style busana yang ada di pikiran saya adalah belajar. Namun, ketika saya mulai berkenalan dengan teman-teman yang terkenal karena gaulnya, lambat laun saya mulai terpengaruhi.
Saya jauh lebih memperhatikan dengan apa yang saya kenakan daripada apa yang saya lakukan
untuk mengisi waktu luang saya. Kegiatan belajar saya sedikit demi sedikit saya tinggalkan. Teman-teman saya lebih sering mengajak saya keluar untuk bermain daripada belajar.
Saya saat itu mulai berubah. Prestasi belajar saya sedikit-demi sedikit mulai turun dan pengeluaran saya mulai naik. Namun, alhamdulillah saya masih sadar akan pentingnya sekolah sehingga saya tidak terlalu lupa diri.

Itu sedikit contoh yang sangat sederhana. Mungkin jutaan remaja di dunia ini mengalami hal yang sama. Mengalami apa yang dinamakan pergeseran paradigma. Pergeseran paradigma adalah perubahan prinsip atau ideologi baik mengenai dirinya sendiri, orang lain dan lingkungannya. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja tidak memandang orang itu baik atau tidak.

Jika kita mengamati dari sepintas contoh di atas, teman-teman yang membuat saya berubah itu
kurang baik dalam arti bukan mereka menyesatkan saya apalagi menyesatkan dari jalan Allah swt. Tetapi mereka memberikan contoh dan mengajak untuk mengikuti kebiasaan mereka sehingga saya meninggalkan kebiasaan baik saya seperti belajar, membantu orang tua di rumah dll dan lebih cenderung untuk bersenang-senang. Naudzubillah.

Kawan, kita harus berhati-hati dalam memilih siapa teman kita apalagi memilih siapa sahabat kita. Baik tidaknya sahabat kita nanti akan berpengaruh kepada diri kita sendiri. Untung-untung
sahabat kita baik, selalu mengingatkan kita kepada Allah swt, shalatnya bagus, bertutur baik,
sopan pokoknya memiliki sifat calon penghurni surga gitu. Tapi kalau sahabat kita memiliki
sifat sebaliknya? Bukan hanya celaka di dunia saja kawan, namun yang paling menakutkan adalah membahayakan kita kelak di akhirat alias bisa-bisa memasukkan kita dalam neraka jahanam. Naudzubillah.

Sejatinya sahabat adalah seseorang yang selalu mengajak kita pada kebaikan, mengajarkan kebaikan dan senantiasa memberikan kita kebaikan. Jika demikian, kebaikanlah yang kelak kita dapatkan. "What goes around, comes around".

Sahabat sejati adalah sahabat yang mampu memberikan kita kebahagiaan sejatinya. Kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan yang merdeka, terbebas dari cengkraman syahwatnya serta mampun menahan hawa nafsunya dan kebahagiaan itu merupakan hasil dari perbuatan yang luhur dan bernilai. Jadi kebahagiaan itu tidak seperti berfoya-foya dan sejenisnya yang hanya memuaskan hawa nafsu semata.
Mereka (sahabat kita) tidak akan meninggalkan kita. Yakni tidak akan pernah dan ikhlas meninggalkan kita berada dalam jurang maksiat.

Bahagianya memiliki sahabat sejati. Beruntung bagi para pembaca yang memiliki sahabat sejati.
Balaslah mereka dengan kebaikan juga. Jagalah persahabatan dengan kebaikan dan yang paling penting
adalah dengan doa. Semoga kita dipertemukan di akhirat kelak dengan sahabat-sahabat kita dalam keadaan yang sebaik-baiknya.amin

Bagaimana jika sahabat kita ternyata kurang baik dalam segi iman dan ahlak? Inilah tugas kita
untuk mengajaknya pada kebaikan, jika kita adalah sahabat mereka, InsyaAllah kita pasti bisa
mengajak mereka berubah, karena kita termasuk orang-orang yang berpengaruh bagi mereka, karena kita adalah sahabat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...