Selasa, 09 Oktober 2012

Kontribusi Apa Aja Sih yang Bisa Dilakukan Anak Kos untuk Lingkungan?

Selamat malam Rabu, dear bloggers :) Halo Kiki dan kawan-kawannya, maaf ini saya bagai hilang ditelan bumi, ga ada tulisan, ga ada kabar, ga ada uang, haha :)
oke deh kawan, malam ini saya bernafsu untuk 'demo' lagi mengenai penyelamatan lingkungan, terutama yang ada hubungannya ma anak asrama atau kostan nih. hmmm setelah melewati masa-masa pengamatan yang cukup panjang terhadap anak kostan dan asrama beserta gaya hidupnya-sekedar info nih wan (kependekan dari kata 'kawan') saya sudah sebulan lebih tinggal di asrama Universitas Paramadina-saya menemukan fakta bahwa anak kostan dan asrama juga banyak menghasilkan sampah rumah tangga, terutama plastik. entah itu plastik bungkus makanan, botol minuman, bungkus deterjen, kresek (kantong plastik) dan lain-lain.
nah, terpikir juga tuh, gimana caranya ya kami-kami ini meminimalisir 'penghasilan' sampah kami. masa sih, kami-kami, seorang pelajar yang ngakunya berpendidikan, ga mau peduli lingkungan, malu dooooong!
jadi, setelah browsing sana-sini, baca sana-sini, mikir sana-sini tentang aktivitas-aktivitas penyelamatan lingkungan, terkumpul sudah beberapa tips yang cocok untuk diterapkan anak-anak kostan dan asrama to save our lovely earth. Check 'em out, Wan!

  1. Koleksi kantong plastik belanjaan, Wan. yang dari pasar, mini mart, super mart, kampus, dll. Pasti nanti-nanti dibutuhkan lagi. Pasti! entah itu untuk alas tempat sampah, tempat pakaian kotor, atau bahkan untuk shower cup ketika mandi, haha. Usahakan untuk gak sering-sering nglempar kantong-kantong itu ke tempat sampah, apalagi klo masi dalam kondisi baik.
  2. tolaklah pemberian kantong plastik sebagai wadah belanjaan kita kalo kita belanjanya gak banyak-banyak banget, dan belanjaan tersebut bisa dimasukkan ke dalam tas kita. Tolak aja gapapa, Wan. Aku sering kok. masa beli 1 botol air mineral aja diplastikin. gak gaul ah!
  3. nah, biar gak banyak-banyak plastik, klo udah ada rencana mau belanja banyak, bawa tas atau kantong belanjaan sendiri. 
  4. bagi kalian anak kost yang malas masak sendiri dan suka beli di luar contohnya warteg, bawa wadah sendiri! boleh mangkuk, piring, wadah makan tupperware, apapun! ga ada lagi deh alasan malas, malu, repot, ribet, dll. mahasiswa kudu mikir panjang!
Nah, sekarang, tips-tips lain yang ga ada hubungannya ma plastik nih guys:
  1. matikan listrik, kipas angin, dan alat elektronik lainnya saat gak dipakai.
  2. matikan rice cooker kalo nasinya udah masak. hemat listrik! rata-rata alat penanak nasi itu watt-nya GEDE, segede capslock gue ;p
  3. kalo kalian mau nyuci baju, dan pakaian kotor, gak perlu pakai deterjen banyak-banyak, cukup rendam pakaian tersebut lebih lama.
  4. beli laptop aja ketimbang  komputer, karena laptop lebih ramah lingkungan, menyerap lebih sedikit listrik. bisa dibawa ke kampus juga, kan? 
  5. gak perlu menyetrika CELANA dan BAJU DALAM. gak keliatan jugak! plis deh!
  6. jangan ragu-ragu beli barang bekas alias secondhand. 
  7. hindari perjalanan pendek dengan naik kendaraan bermotor. jalan kaki atau naik sepeda gayuh saja, lebih sehat :D
kawan-kawan, sebelas nomor dulu saja  ya, tips-tipsnya :D gak boleh bosan-bosan ya untuk belajar dan belajar semua hal tentang lingkungan. dan bawa jga kesadaran barumu untuk peduli lingkungan kepada lingkungan sekitar kamu. Gud Luck!
BYE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...