Jumat, 19 Agustus 2011

Resep Es Pisang Ijo


Prolog :
Penyakit bagi para perantau di negara orang adalah “kangen masakan indonesia”. Hari ini teman senasib saya yang sama-sama merantau di Turki mengirimi saya sebuah link. Dia minta untuk membuka link tersebut. Tahukah apa itu? link tersebut berisikan gambar-gambar ES PISANG IJO.
“Hiks hiks, ngopo to kowe ngeke’i iki link, marai kangen ae!!!! (kamu ngapain ya ngirim ini link, bikin kangen ae)”.
Mau apa lagi, terpaksa hanya bisa meratapi gambar es pisang ijo yang disodori oleh mbah google seraya berkata, “nyoh nyoh, enak lo le. Mak nyuss!!”.
Apalagi saya sedang puasa, perut keroncongan dan haus pula. Saya hanya bisa berandai-andai bisa menikmati es pisang ijo disini.
Di sini juga saya ingin berbagi resep cara membuat es pisang ijo yang saya dapet dari sebuah situs dengan harapan pembaca bisa mencobanya dan saya pun juga diijinkan dan diberi jalan oleh Allah SWT untuk membuatnya disini (Turki). Karena di sini terlihat mustahil untuk membuatnya karena susah sekali pisang ditemukan. Namun, saya tetap berjuang untuk mendapatkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan dan berusaha keras membuatnya!SEMANGAT!

Es Pisang Ijo
untuk: 5 porsi


Bahan:



40 gr tepung beras
1/2 sdt garam
300 ml air
100 ml air daun suji*
3 tetes pewarna hijau

175 gr tepung beras
5 buah pisang raja tua

Es serut/es batu
Sirup merah (cocopandan atau tja
mpolay frozen rose)
Saus:
650 ml santan dari 1 buah kelapa (atau 100 ml santan Kara + 550 ml air)
50 gr tepung terigu
75 gr gula pasir

1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Cara membuat:

1. Pisang Ijo: Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji dan pewarna hijau hingga tercampur rata, lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih. Angkat.

2. Masukkan tepung beras, aduk rata lalu masa
k lagi hingga kalis. Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
3. Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
4. Saus: Aduk rata semua bahan saus, kemudian rebus dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih (agar sausnya licin), angkat dan dinginkan.
5. Penyelesaian: Potong-potong melintang serong pisang ijo, taruh dalam mangkuk/piring cekung, tuangi saus, es serut/es batu, tuangi sirop merah. Siap disajikan.

*Dapat dibuat dari 10 lembar daun suji + 3 le
mbar daun pandan + 100 ml air hangat, diblender lalu saring.



Dan penulis hanya bisa menyampaikan “SELAMAT MENIKMATI, SEMOGA SAYA JUGA BISA MENIKMATI”(Gambar : saran penyajian, meski bentuknya gak meyakinkan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...