Sabtu, 10 September 2011

LELAHNYA DAFTAR ULANG – LEBIH SABAR, IKHLAS DAN TEGAR



10 septermber 2011
eskisehir, Turki

Kemarin ini saya mendapatkan pelajaran baru. Untuk menghadapi suatu hal kita harus siap ilmu, mental, tenaga, kesabaran, keikhlasan dan Tegar. Apapun keadaan yang saat itu kita hadapi baik susah maupun mudah. Karena semua urusan kita pasti selesai. Jangan biarkan pikiran keruh membuat kita putus asa dan membuat kita berhenti untuk menyelesaikan urusan kita. Usahakan kerjakan semuanya dengan pikiran yang tenang dan perlahan-lahan bukan terburu-buru karena kita tahu bahwa sifat terburu-buru adalah dari setan.

Mengapa saya berkata demikian? Karena kemarin saya sangat lelah karena daftar ulang dan sempat jengkel karena mengurusinya. Saya harus pergi ke bangunan-bangunan kampus yang berbeda untuk mengurusi ini dan itu. kampus ini sangat luas dan tidak ada sepeda motor seperti di indonesia. Alhasil kita harus jalan kaki kesana-kemari. Apalagi saat itu siang hari. Lelah dan panasnya membuat pikiran saya keruh. Saya menggerutu di dalam hati selama berjalan dan saat mengurusi dokumen-dokumen yang diperlukan. Meskipun pada kenyataannya semua itu banyak dibantu oleh abi saya.

Saat saya sedang menunggu dokumen-dokumen saya diurus, saya mencoba merenung apakah yang salah dengan saya hari ini. Kurang persiapan. Iya, ini memang kesalahan saya sendiri. Saya yang membuat pekerjaan yang sebenarnya mudah menjadi rumit. Saya yang tidak menikmati segala urusan saya dan hanya berpikir agar semua ini cepat berakhir. Saya menyesal kenapa saya membuat diri saya lelah fisik dan mental gara-gara pekerjaan yang pasti akan terselesaikan.

Kesabaran, keikhlasan dan Ketaqwaan ini memang harus selalu diperbaiki. Karena semua ini adalah dasar untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Karena semua ini adalah kunci untuk membuat segala urusan terselesaikan dengan menyenangkan.

untuk teman-teman yang ingin berencana untuk kuliah di turki, khususnya anadolu university akan saya beritahukan apa saja yang sebenarnya diperlukan dan tips-tips selama berada disini.

Sebenarnya dokumen-dokumen kita sebelumnya sudah diurusi oleh pihak pembimbing kita. Yang kita lakukan adalah untuk mengikuti apa yang diminta pembina kita untuk kita lakukan. Semua itu dikerjakan bersama-sama dan kita tidak perlu khawatir. Kemarin saat daftar ulang semua dokumen saya lengkap dan diterima oleh pihak anadolu. Hanya saja masalah sertifikat bahasa turki, sertifikat TOMER. Di universitas ini tidak ada program persiapan bahasa turki bagi yang tidak memiliki sertifikat itu. alhasil, saya diminta untuk mendapatkan sertifikat itu di tempat-tempat yang tersedia seperti di Ankara, Istanbul, Izmir dll. Setelah saya dapat sertifikat itu, saya diminta untuk kembali ke universitas itu dan siap-siap untuk mulai kuliah. Jadi kemarin kami mengurusi dokumen-dokumen selain sertifikat ini untuk memastikan bahwa saya adalah mahasiswa universitas ini meskipun nanti saya tinggal untuk mendapatkan sertifikat TOMER yang dibutuhkan.
Ini adalah tips-tips yang seharusnya kami lakukan sebelum melakukan aktifitas seperti ini di Turki.

1.  Bawa air mineral. Ini yang sangat penting untuk kami. Karena kami kemarin sempat dehidrasi dan membuat pikiran kami keruh. Memang saat ini musim gugur, namun pada siang hari disini juga panas dan jalan kaki di siang hari menguras energi kita. Kalau ada uang bisa sih membeli di kantin kampus ini. namun menurut saya itu tidak cukup. Lebih baik membawa minum sendiri yang banyak.

2.  Siapkan kaki dan sepatu yang ringan dan nyaman digunakan saat berjalan. Karena kaki saya lecet-lecet karena sepatunya tidak cocok untuk berjalan.

Setelah semua selesai, saatnya untuk pulang ke apartemen. Saya sudah terdaftar sebagai mahasiswa disini, namun harus pergi ke kota lain dulu untuk mendapatkan sertifikat TOMER.senangnya hati saya karena saya akan pergi ke Ankara (aamiin). Di Ankara sudah ada tempat kursus bahasa Turki untuk mendapatkan sertifikat TOMER. Kemungkinan saya setahun disana karena pada umumnya semua begitu. Tapi saya berharap saya hanya butuh 6 bulan untuk mendapatkannya dan langsung cepat-cepat kuliah. Dan saya berharap semoga saya benar-benar mengambil kursus bahasa turki ini di Ankara. Mengapa? Karena di sana ada sahabat karib saya dan orang indonesianya paling banyak. Selain itu Ankara adalah Jakartanya Turki. Jadi tidak sabar menunggu keputusan dari abi-abi saya.

Sebelum pulang, saya dan teman-teman saya sempat foto-foto di universitas ini. bisa dibilang ini adalah perpisahan sementara karena saya kami akan meninggalkan universitas ini selama kurang lebih satu tahun. Dan fotonya pun menjadi pengingat bagi kita untuk cepat-cepat mendapatkan sertifikat TOMER ini karena fakultas ilmu komunikasi prodi sinema dan televisi sangat menantikan kehadiran saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...